>

BI Jambi Inisiasi Kegiatan Capacity Building dan Rakor Teknis TP2DD Tahun 2022

BI Jambi Inisiasi Kegiatan Capacity Building dan Rakor Teknis TP2DD Tahun 2022

JAMBI - Bank Indonesia Provinsi Jambi menginisiasi kegiatan Capacity Building dan Rapat Koordinasi Tim Teknis TP2DD Provinsi Jambi Tahun 2022 yang berlangsung di Swissbel Hotel Jambi, Kamis (21/4). Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretariat Daerah Bagian Perekonomian dan Pembangunan, Badan Keuangan Daerah, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Daerah serta Divisi IT dan Kantor Cabang Bank Jambi pada tingkat Provinsi dan Kota/Kabupaten di Wilayah Provinsi Jambi.

 \"Peserta 

                Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Jazari Abdul Hamid saat membuka kegiatan Capacity Building mengatakan, pentingnya transformasi digital mindset (pola pikir) untuk menerapkan teknologi digital dalam berbagai sendi kehidupan. Hal ini sebagaimana diamanahkan dalam Undang Undang No. 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia, tujuan BI yaitu untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. \"Untuk mencapai tujuan tersebut, Bank Indonesia memiliki salah satu tugas yaitu mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran,\" katanya.

    \"Analis            

                Dalam rangka mewujudkan sistem pembayaran yang Iancar, aman, efisien, dan andal serta dengan memperhatikan perkembangan informasi, komunikasi, teknologi dan inovasi, maka Bank Indonesia selalu berupaya untuk menciptakan inovasi yang mendorong perluasan digitalisasi sistem pembayaran, baik dari sisi pengembangan produk maupun reformasi regulasi. Dan juga mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai yang salah satu program prioritasnya adalah Elektronifikasi Transaksi Keuangan Pemda (ETPD). 

                Dari kegiatan yang telah dilaksankan oleh Bank Indonesia Provinsi Jambi ini, diharapakan seluruh TP2DD mampu menyusun roadmap pengembangan ETPD di wilayah Provinsi Jambi, guna mendukung transaksi keuangan pemerintah yang semakin tranparan, efesien dan handal.  “Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk menindaklanjuti Kepres dan Permendagri tentang Satuan Tugas dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitasliasi Daerah, serta Tata Cara Implementasi Elektronifikasi Pemerintah Daerah. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan langkah pengembangan ETPD dapat semakin diperjelas dan dituangkan ke dalam rencana aksi perluasan ETPD,” jelas Jazari.

 \"Foto 

Keseluruhan kegiatan terbagi ke dalam dua sesi; yaitu sosialisasi ETPD dan TPDD beserta Workshop Pengisian SIP2DD pada sesi pertama, dilanjut dengan sesi kedua berupa pemaparan mengenai infrastruktur perbankan penunjang ETPD oleh Kepala Divisi IT Bank Jambi, Nurhadi S.Kom. Serta pemaparan mengenai isu strategis pengembangan ETPD oleh Analis Yunior Bank Indonesia Jambi, Lidya Susilo.

 

Selain itu, kegiatan juga diisi dengan rapat koordinasi di mana para peserta melaksanakan diskusi dan dialog interaktif langsung dengan narasumber untuk merumuskan roadmap pengembangan ETPD pada wilayah kerja masing-masing serta di akhir acara dilakukan foto bersama. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: